LIBRE OFFICE

images
Libre Office.org adalah sekumpulan aplikasi yang didesain khusus terintegrasi untuk mempermudah dan membantu Anda di tempat kerja, sekolah, rumah dalam menulis suatu dokumen, membuat chart yang dibuat di aplikasi spreadsheet, membuat grafik dan membuat dokumen presentasi.

  LibreOffice.org, dikembangkan oleh Sun Microsystems. Dari sisi fitur, harus diakui LibreOffice.org belum bisa dibandingkan dengan Microsoft Office karena fiturnya masih sangat terbatas, namun LibreOffice.org juga mempunyai komponen Office yang dibutuhkan untuk bekerja sehari-hari seperti layaknya Microsoft office. LibreOffice.org mempunyai komponen office seperti :

  • Word processing (Writer)
  • Spreadsheet (Calc)
  • Presentation (Impress)
  • Database (Base)
  • Drawing/Graphics (Draw)
  • Formula/Math (Math)
  • Macro
  • dan lain sebagainya

  Selain itu juga datang dengan berbagai fitur lain, yang bahkan belum bisa disediakan oleh Microsoft Office. Disini saya akan membahas sepuluh diantaranya :

1. Ketersediaan source code
LibreOffice.org adalah free/libre source software. Artinya, source code LibreOffice.org tersedia dan bisa dimanfaatkan dengan sangat fleksibel (sesuai lisensi GNU LGPL). Dari sisi lisensi, ini artinya pengguna tidak perlu mengeluarkan sepeser uangpun untuk membeli lisensi penggunaan. Pengguna mungkin perlu mengeluarkan sedikit uang untuk membeli buku panduan atau media instalasi LibreOffice.org.

2. Berjalan pada banyak platform
Microsoft Office hanya berjalan secara natif pada Windows dan Macintosh. Sementara, LibreOffice.org berjalan pada Windows, Macintosh, Linux, UNIX, BSD. Dengan menggunakan LibreOffice.org, Anda bisa menggunakan banyak pilihan sistem operasi.

3. Kompatibel dengan Microsoft Office dan format office lainnya Dengan
menggunakan LibreOffice.org, kita tetap bisa membuka dan menyimpan dokumen-dokumen yang dihasilkan dari Microsoft Office. Tidak hanya itu, LibreOffice.org juga bisa membuka dan menyimpan dokumen dari banyak paket office lain. Sebut saja WordPerfect, Lotus dan AutoCAD. Dengan menggunakan LibreOffice.org, Anda bisa bekerja dengan banyak format dokumen.

4. Format LibreDocument yang terbuka dan fleksibel
LibreOffice.org 2.x menggunakan format dokumen LibreDocument, yang sangat terbuka. Sudah cukup banyak program yang bisa membuka dan menyimpan format LibreOffice.org.

5. Ekspor ke PDF dan format lain dengan mudah
Dengan menggunakan LibreOffice.org, dokumen yang kita buat bisa langsung diekspor ke format lain, seperti PDF atau Flash dengan mudah, tanpa membutuhkan programatau pustaka tambahan.

6. Macro dalam berbagai bahasa pemrograman
Macro dapat digunakan untuk mengembangkan fungsionalitas Office. Dengan LibreOffice.org, macro dapat dibangun dengan berbagai bahasa pemrograman seperti Python dan Javascript, disamping LibreOffice.org Basic. Dukungan bahasa ini akan terus bertambah.

7. Akses database yang luas dan transparan
LibreOffice.org datang dengan dukungan database yang luas. Dengan dukungan berbagai driver natif, ODBC dan JDBC, Anda bisa menghubungkan LibreOffice.org dengan hampir semua database system populer yang ada di dunia ini. LibreOffice.org sejak versi 2.x bahkan datang dengan database front end Base yang sangat mirip dengan Microsoft Access.

8. Wizard untuk konversi dokumen MS Office
Punya satu folder (dengan struktur yang rumit) berisikan banyak dokumen MS Office baik Word, Excel atau PowerPoint? Ingin mengkonversikan ke format LibreOffice.org? Mudah. Cukup akses saja menu File -> Wizards -> Document Converter. Anda akan dipandu sehingga proses konversi bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

9. Sangat customizeable
Ingin mengubah sebagian besar user interface LibreOffice.org? Bosan dengan menu bar default? Hanya ingin menampilkan satu atau dua menu saja? Ingin mengganti icon default? Gunakan menu yang ada dan dalam sekejap, tampilan LibreOffice.org Anda dijamin berbeda dengan pengguna lain! Ingin lebih cepat? Edit saja file konfigurasi XML-nya.

10. User interface yang konsisten antar komponen
Arsitektur program LibreOffice.org dan sistem komponennya dikembangkan dengan sangat baik. Salah satu akibatnya, user interface Writer, Calc, Impress dan komponen lain sangatlah konsisten. Kita bahkan bisa membangun macro untuk memanggil komponen tertentu dari LibreOffice.org.

Komponen Libre Office.Org

1. LibreOffice.org Writer

writer
Aplikasi pengolah kata, merupakan padanan dari Microsoft Word. Untuk memulai LibreOffice.org Writer dari panel desktop Anda, pilih Applications ==> Office ==> Word Processor. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah oowriter.

2. LibreOffice.org Calc (spreadsheet)

calc
Aplikasi lembar kerja (spreadsheet), padanan dari Microsoft Excel. Untuk memulai LibreOffice.org Calc dari panel desktop Anda, pilih Applications ==> Office ==> spreadsheets. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah oocalc. LibreOffice.org Calc memungkinkan Anda untuk
memasukkan atau memanipulasi data personal maupun data bisnis. Jika Anda perlu membuat chart atau grafik untuk presentasi kelas atau bisnis, LibreOffice.org memiliki beberapa template chart dan grafik yang tersedia.

3. LibreOffice.org Impress (Presentation)

impress
Aplikasi presentasi, padanan dari Microsoft PowerPoint. LibreOffice.org Impress adalah tool graphical yang dapat membantu Anda untuk membuat presentasi yang meyakinkan. Untuk memulai LibreOffice.org Impress dari panel desktop Anda, pilih Applications==> Office ==> sppresentation. Untuk memulai dari shell prompt, ketik perintah ooimpress.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *