CARA MEMBUAT MAIL MERGE WORD 2013

Dalam kegiatan sehari-hari, sering kali kita harus membuat banyak dokumen yang sama dengan isi yang berbeda, misalnya undangan, surat, sertifikat, piagam, dan lain sebagainya. Dokumen seperti itu tentu dibuat dalam jumla yang tidak sedikit dengan isi yang sama. Biasanya perbedaan dalam dokumen tersebut misalnya nama, alamat, nomor telepon, jabatan dan lain-lain.

Dengan adanya kasus seperti di atas, kita dapat memanfaatkan fasilitas yang disebut Mail Merge Microsoft Office. Fasilitas Mail Merge digunakan khusus untuk keperluan pembuatan dokumen secara masal. Kita cukup membuat satu dokumen dan bagian yang berbeda (nama, alamat, dll) disimpan dalam list yang berbeda.

Kali ini saya akan berbagi tutorial mengenai Mail Merge dengan membuat sertifikat penghargaan untuk peserta sebuah seminar. Kita akan memasukkan nama dan asal sekolah secara otomatis menggunakan Mail Merge.

  1. Langkah pertama kita buat format halaman sertifikat menggunakan Microsoft Word. Perhatikan contoh berikut:

1

Perhatikan bagian nama, dan alamat, kita biarkan kosong karena kita akan mengisinya secara otomatis menggunakan Mail Merge.

 

  1. Langkah berikutnya adalah membuat daftar nama, asal sekolah, dan alamat yang akan kita isikan pada sertifikat tersebut. Klik pada menu Mailings > start mail merge > Mail Merge > Step by step Mail merge wizard.

2

  1. Akan muncul tampilan pilihan di sisi kanan, kita pilih Letters > Next Starting document, pada step 2 kita lewati saja kemudian > Next: select recipients > kita pilih Type a new list, karena disini kita belum mempunyai list yang belum dibuat sebelumnya, kemudian pilih > Next: Write you letter.

3

 

  1. Maka akan muncul tamilan seperti ini, kemudian kita pilih > Costumize column.

4

  1. Kemudian kita delete satu per satu sampai kosong.

6 5

 

  1. Kemudian kita pilih > Add, maka akan muncul tampilan seperti ini, kita isikan Nama, kemudian > Ok.                     7 6

Lakukan langkah yang sama untuk membuat alamat.

 

  1. Isikan Nama dan Alamat seuai dengan tujuan.

11

  1. Simpan dalam satu folder yang sama dengan dokumen yang telah dibuat.
  1. Langkah selanjutnya arahkan kursor ke Nama atau Alamat, kemudian kita pilih > Mailings > Insert merge field > pilih Nama untuk nama dan pilih Alamat untuk Alamat. > Insert .

1412

  1. Mail merge siap untuk digunakan.

 

Bagaimana apabila kita sudah memiliki list sebelumnya??

16

  1. Maka pada step 3 kita pilih > Use an exiting list > Select a different list.

15

  1. Masukkan file list yang telah dibuat, kemudian pilih > Write you letter.
  1. Ikuti langkah nomor 9.

 

> SELAMAT MENCOBA <<

http://ilhamfauzi.blog.st3telkom.ac.id

 

 

 

 

 

 

 

 

About

2 thoughts on “CARA MEMBUAT MAIL MERGE WORD 2013

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *